skip to main | skip to menu

July 29, 2009

Aplikasi Internet

Aplikasi–aplikasi tersebut antara lain:
  1. World Wide Web merupakan aplikasi yang paling penting karena dimanfaatkan dalam berbagai hal. www adalah dokumen – dokumen internet yang disimpan diserver – server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web yang dibuat dengan menggunakan HTML yang memuat teks, gambar, animawsi, audio, dan video.
  2. Electronic Mail (E-Mail) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk surat menyurat dalam bentuk elektronik. E-mail dapat juga kita gunakan untuk mengirim dokumen dan gambar. E-mail merupakan alat komunikasi yang sangat murah dan akan sampai dengan cepat sesaat setelah dikirim.
  3. Mailing List atau milis merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok dalam bentuk e-mail. Setiap e-mail yang dikirim secara otomatis akan terkirim ke semua alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
  4. Newsgroup merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.Anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topic–topic tertentu. Sarana ini memungkinkan kita untuk dapat menyampaikan informasi dengan cepat kepada orang–orang yang tergabung dalam sebuah kelompok. Informasi yang disampaikan tidak berbentuk e-mail melainkan berbentuk artikel. Seseorang yang ingin memperoleh informasi dari newsgroup tertentu haruslah aktif membuka newsgroup yang diinginkan.
  5. Internet Relay Chat (IRC) merupakan aplikasi yang digunakan untuk bercakap – cakap di Internet dikenal dengan istilah chatting. Dilakukan dengan cara mengetik dan mengirimkan dalam bentuk teks.
  6. File Transfer Protocol (FTP) digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke / dari komputer lain. FTP memungkinkan kita untuk transfer data lebih cepat. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet, juga digunakan untuk meng –upload file situs (home page) sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia,
  7. Telnet merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.Telnet dapat digunakan jika kita menpunyai alamat IP dari komputer yang akan diakses.
  8. Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang hanya terbatas pada teks saja.
  9. Ping singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping juga merupakan salah satu aplikasi internet yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi ) dengan komputer lain di internet.

0 comments:

Post a Comment

Column 1


Menu 2.1
Menu 2.2
Menu 2.3

Column 2

Menu 1.1
Menu 1.2
Menu 1.3
Menu 2.1
Menu 2.2
Menu 2.3
Menu 3.1
Menu 3.2
Menu 3.3

Column 3